SEKILAS INFO
18-11-2019
  • 3 bulan yang lalu / Pengumuman Tes PMB Gelombang 2 Tahun Akademik 2019 ada dibagian Pengumuman
  • 4 bulan yang lalu / Kalender Akademik 2019/2020 bisa didownload dibagian Link Akademik
22
Okt 2019
0

Senin (21/09) fakultas ushuludin Institut Ilmu Alquran An Nur Yogyakarta mengadakan bedah buku The Power Of Mindset (Cara Berpikir Positif ala Qurani) karya Muhamad Jamaludin salah satu mahasiswa fakultas ushuluddin Institut Ilmu Alquran An Nur Yogyakarta. Acara ini di pandu oleh Saudari Ula salah satu mahasiswa fakultas Ushuluddin. Selanjutnya di moderatori oleh saudara Yos Hadi. Bedah buku ini merupakan dialog antara saudara Muhamad Jamaludin sebagai penulisnya dengan Saudara Ahmad Lutfi Aziz, M.Ag. sebagai pembanding.

“kami selaku civitas akademisi fakultas ushuluddin sangat mendukung untuk pengembangan kualitas teman-teman mahasiswa, dari pihak fakultas akan memfasilitasi kegiatan mahasiswa fakultas ushuludin dalam pengembangan bakat dan kemampuannya, ini merupakan kedua kalinya fakultas ushuluddin mengadakan bedah buku mahasiswa kita. Yang pertama waktu itu buku karya mas Khalil tentang Filsafat Nubuwah, dan hari ini buku mas Jamal tentang The Power Of Mindset. Dan kami akan terus menunggu karya-karya teman-teman yang lainnya. kami ucapkan selamat dan apresiasi terhadap penulisan karya ini”. Ucap dekan Fakultas Ushuluddin beliau Kh. M. Ikhsanunddin. MSI.

Muhamad Jamaludin selaku penulis buku the power of mindset menjelaskan bagaimana kronologi penulisan buku ini. Inspirasi yang didapat dalam penulisan buku ini Ia jelaskan secara gamblang di depan mahasiswa fakultas ushuluddin. Selain itu Ia juga menjelas bagaimana motivasi dalam menulis buku ini. “motivasi kenapa tulisan power of mindset ini berawal dari tulisan-tulisan di dalam blog hingga naik menjadi satu buah buku adalah ketika saya membaca dan merenungi surat ar-Rahman ayat 60 tentang selalu berprilaku baik maka akan mendapatkan hal kebaikan. Sebelum kita melakukan hal kebaikan itu kita akan memikirkan kebaikan terlebih dahulu, maka buku ini meski hanya tulisan sederhana kita bisa merenungi hidup kita agar lebih baik lagi”. Ucap Muhamad Jamaludin membuka dialog pertama.

Saudara Ahmad Luthfi Aziz, M.Ag membuka dialog kedua dengan memaparkan karakteristik buku The Power Of  Mindset. Ia menjelaskan bahwa bagaian awal ini memiliki pendekatan tasawuf seperti sebagaimana yang dikatakan Ibnu At-tholilah dalam sarah hikamnya tentang menduakan sebuah materi ketimbang dzat yang menciptakan materi. Bagian pertama buku Ia menjelaskan tentang sebuah refleksi kehidupan dari teori tasawuf.

Selain itu, Ia juga memaparkan bahwa buku ini merupakan sebuah refleksi kisah penulis buku di sudah terjadi yang kemudian dibalut dengan term keilmuan penulis buku pada ssaat ini sebagai mahasiswa Ushuluddin. Tergambar jelas pada bagian-bagian buku ini mengajak kita berpikir tentang fenomena-fenomena kehidupan. Ini sangat menarik karena disajikan dengan nilai-nilai filsafat. Selian itu, Ia juga menjelaskan bahwa buku ini juga mengandung nilai-nilai edukatif dari kisah-kisah yang dialami penulis buku ini.

Saudara Ahmad Luthfi Aziz, M.Ag juga memaparkan bahwa buku power of mindset ini sama seperti buku Saring Sebelum Sharing yang di tulis oleh Prof. Nadhir. Artinya buku ini bisa di baca random dari bagianmanapun. Ia juga menjelaskan tentang kekurangan buku ini dari diksi penulisan masih harus memiliki perbaikan, dan ada beberapa kekurangan huruf (typo). (Ibnu Ahmad/LPM)

Pengumuman

Tes BTQ dan Khutbah Jum’at Reguler

PEMBAGIAN KELAS MAHASISWA ANGKATAN 2019/2020

Jadwal Semester Gasal 2019/2020

1
Silahkan kirim pesan kepada kami..
Insyallah akan kami respon secepat mungkin..
Terimakasih..
Powered by