SEKILAS INFO
17-10-2019
  • 2 bulan yang lalu / Pengumuman Tes PMB Gelombang 2 Tahun Akademik 2019 ada dibagian Pengumuman
  • 3 bulan yang lalu / Kalender Akademik 2019/2020 bisa didownload dibagian Link Akademik

VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS TARBIYAH

MUQODDIMAH

Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta adalah fakultas yang lahir bersamaan dengan lahirnya STIQ An Nur pada tahun 2002 (telah berubah menjadi IIQ) yang sekarang telah memiliki dua program studi, yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah lahir dilatarbelakangi dengn keprihatinan para pendiri atas fenomena banyaknya guru agama Islam di sekolah maupun madrasah yang memiliki kompetensi jauh dari harapan. Terutama kompetensi professional dan individual. Masih banyak ditemukan guru-guru Agama Islam yang tidak mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, apalagi hafal Al-Qur’an. Di sisi lain, masih banyak guru Agama Islam yang belum mampu menjadikan dirinya sebagai teladan (uswah) bagi peserta didiknya.

Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta hadir untuk menjawab berbagai persoalan yang dihdapi oleh masyarakat saat ini dan mendatang. Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta hadir dengan berkomitmen bulat untuk memberikan saham terbaik pada bangsa dan negara, dengan melaksanakan pendidikan yang professional dan berkualitas tinggi. Hal ini dilakukan dengan menyelenggarakan perkuliahan secara tertib, teratur, terencana dengan menyediakan dosen-dosen yang berpendidikan S2 dan S3 baik dalam maupun luar negeri dan memiliki basis pendidikan pesantren. Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta memadukan kurikulum nasional dan lokal dengan sistem KKNI.

Alumni Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta yang tersebar di seluruh persada nusantara dan telah dibekali dengan ilmu-ilmu Al-Qur’an, kewirausahaan, dan berbagai ilmu dan digembleng dengan jiwa dan ruh kepesantrenan ini telah banyak diterima di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Para alumni banyak yang bekerja dan berjuang membangun bangsa dan negara melalui kiprahnya masing-masing, seperti: guru, dosen, pengasuh pondok pesantren, penceramah/muballig, pengusaha, dll. Selain bekerja sesuai dengan posisi, bakat, dan minat masing-masing, kebanyakan para alumni juga menjadi tokoh masyarakat di daerah masing-masing.

VISI

“Menjadi pusat Pendidikan Keislaman yang Unggul dan Inovatif dengan merujuk pada nilai-nilai al-Qur’an dan ruh kepesantrenan.”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan inovatif berlandaskan Standar Nasional Perguruan Tinggi.
  2. Menyiapkan pakar pendidikan keislaman yang memiliki keunggulan al-Qur’an dan ruh pesantren.
  3. Mengembangkan penelitian yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan keislaman yang dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan keilmuan dan solusi berbagai masalah yang timbul di masyarakat.
  4. Menyiapkan pendidik keislaman yang unggul dan inovatif, berkepribadian Qur’ani dan ruh kepesantrenan.
  5. Meningkatkan peran serta Fakultas tarbiyah IIQ An-Nur dalam bidang pendidikan keislaman, kebudayaan nasional, dan peradaban global.
  6. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, regional dan Internasional sebagai perwujudan kepedulian Fakultas Tarbiayh IIQ An Nur Yogyakarta dalam mewujudkan peradaban dunia yang rahmatan lil alamin.

TUJUAN

Umum

Menghasilkan sarjana dalam bidang Pendidikan keislaman yang profesional dan berkualifikasi akademik berkepribadian Qur’ani dan berjiwa kepesantrenan, mampu melaksanakan penelitian-penelitian, dan berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, serta mampu membangun kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat.

Khusus

  1. Membentuk pendidik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur cakap, memiliki integritas yang tinggi, serta mempunyai kesadaran bertanggung jawab terhadap terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya.
  2. Menghasilkan sarjana bidang Pendidikan Keislaman yang unggul dalam bidang al-Qur’an, baik secara tahsin al-qiro’ah, tahfiz al-Qur’an, qiro’ah sab’ah maupun tafsir al-Qur’an.
  3. Menghasilkan peneliti dalam bidang Pendidikan Keislaman dengan pendekatan interdisipliner.
  4. Menghasilkan sarjana bidang Pendidikan yang mampu berfikir secara kritis, dan inovatif, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mendasarkan pada ilmu al-Qur’an dan tradis pesantren.
  5. Mencetak kader-kader sarjana bidang Pendidikan Keislaman yang peka terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan, serta mampu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan nilai-nilai ajaran al-Qur’an dan tradis pesantren.

Pengumuman

PEMBAGIAN KELAS MAHASISWA ANGKATAN 2019/2020

Jadwal Semester Gasal 2019/2020

Hasil Akhir Seleksi PMB 2019 – Jalur Beasiswa Miskin Berprestasi

1
Silahkan kirim pesan kepada kami..
Insyallah akan kami respon secepat mungkin..
Terimakasih..
Powered by