Blog

  • Hasil Seleksi Administrasi Calon Staf Fakultas IIQ An Nur Yogyakarta

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Staf Fakultas IIQ An Nur Yogyakarta

    PENGUMUMAN

    Nomor : 246/AU-KP/IX/2022

    Tentang

    HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON STAF FAKULTAS IIQ AN NUR YOGYAKARTA

    Panitia pelaksana seleksi Calon Staf Fakultas Institut Ilmu (IIQ) Al Quran An Nur Yogyakarta tahun 2022 dengan ini memutuskan dan mengumumkan sebagai berikut :

    • Pelamar seleksi Staf Fakultas IIQ An Nur Yogyakarta Tahun 2022 yang namanya tercantum pada lampiran pengumuman ini, dinyatakan lulus seleksi administrasi.
    • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahap seleksi tes kompetensi dan wawancara.
    • Bagi pelamar yang namanya tidak tercantum dalam lampiran pengumuman ini dinyatakan tidak lulus.
    • Pelaksanaan tes kompetensi dan wawancara yang semula dijadwalkan pada 26/09/2022 diundur pada Kamis, 29/09/2022.
    • Tes kompetensi         : 09.30-11.30
    • Wawancara                : 12.30-14.30
    • Tempat                       : Ruang rapat LPPM
    • Bagi pelamar yang namanya tercantum dalam lampiran ini, silakan menghubungi CP. 0818-0939-0803 a.n sekretaris rektor. Hal ini guna koordinasi pelaksanaan tes kompetensi dan wawancara.
    • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.

    Demikian pengumuman ini disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

    Yogyakarta, 24 September 2022

    Rektor,

    Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A NIDN. 2128017901

    Lampiran Pengumuman

    Nomor            : 246/AU-KP/IX/2022

    Tentang          : Hasil Seleksi Administrasi Calon Staf Fakultas IIQ An Nur Yogyakarta

    Daftar Calon Staf Fakultas IIQ An Nur Yogyakarta

    NoNama
    1M. Dhiyauddin Abdul Choir
    2Faja Adiya Ramadhan
    3Salma Shidqiyyatul Alawiyah
    4Arina Manasikana
    5Putri Nur Fajriyah
    6Tia Marlina
    7Umar Reza Saputra
    8Farikha Rahma Dewanti
    9Indra Ayu Aninda Wibowo
    10Uswatun Khasanah
    11.Nur Bani Ischak
    12.Niken Widyandari
    13.Ulfa Fediyana
    14.M. Fizri Nurfauzan
    15.Isnawati
    16.Rohyuningsih

    Yogyakarta, 24 September 2022

    Rektor,

    Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A

    NIDN 2128017901

  • Meriahnya PBAK Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Jogja

    Meriahnya PBAK Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Jogja

    Bantul –  Pembukaan masa Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) bagi mahasiswa baru dalam kurun tiga hari ini sangat meriah. Acara ini berlangsung sejak tanggal 19-21 September 2022. Adanya PBAK diharapkan para mahasiswa baru lebih memahami budaya kampus IIQ An Nur, agar mereka lebih leluasa belajar dan mengaktualisasikan diri selama masa studi.

    Di hari pertama, acara PBAK ini dihadiri oleh pihak pemda, Dinas Dikpora, para rektorat, dan para ketua lembaga.

    Dalam sambutannya, kepala Dinas Disdikpora Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par, sangat antusias dalam menyambut mahasiswa baru IIQ An Nur Yogyakarta.

    “Sebagai mahasiswa, kalian harus selalu bangga dan loyal kepada kampus IIQ An Nur Jogja ini, karena kampus ini memiliki ciri khas yaitu intelektual berbasis Qur’ani. Sebuah kampus yg sulit ditemui di Indonesia.” Tambahnya.

    Acara PBAK 2022 IIQ An Nur Yogyakarta secara resmi dibuka oleh rektor. Bapak Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A. serta didampingi oleh para wakil rektor. Setelah dibuka acaranya, satu persatu ketua lembaga memaparkan tupoksinya sampai sore hari.

    Begitu juga di hari kedua, para kaprodi juga memberikan semangat kepada para mahasiswa baru. Bapak Ali Mustaqim, M.Pd.I selaku Kaprodi PAI menuturkan bahwa mahasiswa IIQ adalah mahasiswa luar biasa. Mahasiswa yang tidak hanya belajar ilmu umum, tapi juga ilmu agama dengan basis Al Quran yang kuat.

    Tidak hanya itu, Kaprodi PGMI, bapak Samsudin, M.Pd.I, juga memberikan pesan bahwa menjadi mahasiswa IIQ adalah menjadi mahasiswa plus santri. Artinya, mahasiswa adalah produk intelektual kampus, sedangkan santri adalah produk pengabdian diri terhadap ulama pesantren.

    Acara di hari terakhir akan ditutup dengan berbagai sosialisasi Senom-Banom Mahasiswa dan diakhiri dengan sumpah mahasiswa dan pembagian hadiah.

  • Sambutan Kepala Disdikpora pada Acara PBAK

    Sambutan Kepala Disdikpora pada Acara PBAK

    Bantul –  Senin 19 september 2022 Institut Ilmu Al-Quran An Nur Yogyakarta mengadakan pembukaan masa Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK ) bagi mahasiawa baru. Pelaksanaan kegiatan PBAK ini bertujuan untuk mengenalkan budaya akademik kemahasiswaan di IIQ An Nur kepada mahasiswa baru yang akan bertransformasi dari siswa SMA/sederajat menjadi mahasiswa. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Disdikpora Bantul Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par, yang dimana beliau sangat antusias dalam menyambut mahasiswa baru IIQ An Nur Yogyakarta.

    “Saya sangat antusias sekali dengan adanya PBAK yang diadakan oleh IIQ An-Nur Yogyakarta. Dan saya selalu memberi semangat kepada seluruh peserta PBAK sebagai bentuk sinergitas positif dan memberi kepercayaan kepada mahasiswa baru agar senantiasa bersyukur atas diterimanya di kampus IIQ An-Nur Yogyakarta,”

    Beliau juga memberikan penguatan tekad dan semangat kepada mahasiswa baru IIQ An-Nur Yogyakarta agar selalu bangga dan loyal kepada kampusnya, sebab IIQ An-Nur memiliki ciri khas yaitu intelektual berbasis Qur’ani.

    “Di perguruan tinggi ini yang paling utama, yang jadi prioritas dan juga dasar dari segala kegiatan adalah tentang ilmu agama khususnya Al-Qur’an yang menjadi landasan dan pijakan kehidupan kita agar kita selamat di dunia maupun di akhirat,” tambahnya.

    Beliau juga berpesan bahwasannya mahasiswa baru harus memiliki bekal akurat dengan menjadikan Al-Quran sebagai pokok pedoman hidup yang bisa diimplementasikan di masyarkat serta di dunia nyata. Kedua, bahwa sarjana IIQ An Nur menyandang predikat akademisi serta qurani yang dimana itu merupakan dasar segala pijakan hidup. Ketiga, Mahasiswa IIQ An Nur dapat menjadi pemimpin yang berjiwa Nasionalisme sehingga dapat memberantas berbagai paham Radikalisme yang saat ini mengancam keutuhan dan stabilitas nasional.

    Setelah selesai sambutan oleh kepala Disdikpora Bantul, acara PBAK 2022 IIQ An-Nur Yogyakarta secara resmi dibuka oleh Rektor IIQ An-Nur Bp. Dr. Ahmad Sihabul Millah., MA beserta Bp. Dr. H. Khoirun Niat., MA selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Selain itu, acara pembukaan PBAK IIQ An-Nur Yogyakarta juga dibuka secara simbolik dengan Banner PBAK IIQ An-Nur Yogyakarta. Terlihat para tamu undangan, panitia acara dan peserta PBAK sangat antusias menyambut hal tersebut.

  • IIQ An Nur Jogja Mewisuda 20 Hafiz/Hafizah dari 125 Wisudawan

    IIQ An Nur Jogja Mewisuda 20 Hafiz/Hafizah dari 125 Wisudawan

    Bantul – Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta melaksanakan prosesi Wisuda Sarjana yang ke-14 sekaligus Harlah ke-20 pada Sabtu, 10 September 2022. Kegiatan tersebut berlangsung secara luring di halaman kampus dengan dihadiri oleh para pejabat, ulama, dan pimpinan daerah, baik dari dzurriyah Pondok Pesantren An Nur, Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kementerian Agama, Kopertais, dan para pimpinan dari berbagai kampus di Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Pada prosesi wisuda kali ini, Rektor IIQ An Nur Yogyakarta, Dr. Ahmad Sihabul Millah, M.A., mewisuda sebanyak 125 wisudawan yang terdiri 47 putra dan 78 putri dari tiga fakultas, yakni 75 wisudawan dari  Fakultas Tarbiyah, 26 wisudawan dari Fakultas Ushuluddin, dan 24 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

    Dari jumlah tersebut terdapat 49 wisudawan dengan predikat cumlaude dan 20 wisudawan dengan gelar hafiz/hafizah 30 juz 2 di antaranya telah menyelesaikan Qiroah Sab’ah. Adapun wisudawan terbaik atas nama Nafis Fathin Nafi’ah dengan IPK 3.84 dan wisudawan tercepat atas nama Siti Nurlaela dengan masa studi 3 tahun 6 bulan 11 hari. 

    Dalam amanatnya, rektor IIQ An Nur memberikan informasi capaian perkembangan kampus selama dua tahun terakhir, baik dari Tridharma Perguruan Tinggi maupun prestasi dosen dan mahasiswa serta berbagai kerjasama dengan instansi dan dunia industry. Selain itu, rektor juga berpesan kepada seluruh wisudawan untuk menjadi duta di masyarakat dalam pengembangan Islam Wasathiyah, baik wasathiyah dalam akidah, syariah, dan mu’amalah. Jika sudah menjadi alumni, mereka harus terus mencintai tanah air dan bangsa di manapun berada.

    “Semoga seluruh wisudawan mendapat ilmu manfaat dunia dan akhirat. Ketika kalian menjadi alumni, teruslah berusaha sekuat tenaga membumikan al Qur’an dalam rangka menebar manfaat kepada umat tanpa melihat batas agama, suku, budaya, dan adat istiadat yang ada.” Tambahnya.

    Dalam sambutan lain, ketua Yayasan Al Ma’had An Nur yang sekaligus Mustasyar PWNU DIY, romo KH Yasin Nawawi, menyampaikan rasa syukurnya karena sampai saat ini IIQ An Nur masih eksis dan dan terus berkembang sesuai misi dan visi pendiri An Nur, almarhum alaghfurlahu Romo KH. Nawawi Abdul Aziz. KH Nawawi adalah sosok yang sangat visioner. Maka dari itu, beliau berpesan bahwa IIQ An Nur tidak boleh mengalami kemunduran dalam berbagai hal. Kampus ini harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

    “Menjadi sarjana di IIQ An Nur Yogyakarta adalah sarjana yang berani beda, karena sarjana di sini adalah sarjana sekaligus santri. Artinya, semua mahasiswa dan alumni di IIQ An Nur adalah mahasantri. Oleh karena itu, misi mahasantri di kampus ini adalah menjadi insan cendekia yang memiliki akhlaq qurani, bermanfaat bagi agama, masyarakat, nusa dan bangsa. Maka salah satu ikrar alumni dalam mempertahankan ahlussunnah wal jamaah menjadi sangat penting dan inti.” Tambah Beliau.

    Sambutan lain dari Bupati Bantul, bapak H. Abdul Halim Muslih, menuturkan bahwa saat ini dunia terus mengalami pergolakan pemikiran dan peradaban, sehingga manusia terus dituntut untuk berkompetisi dan berkolaborasi. Maka umat Islam yang memiliki Aswaja pasti selalu terlibat dengan pergolakan itu. Untuk itu, modal paling dasar adalah mendasarkan dan penguasaan Al Qur’an, karena Al Qur’an merupakan sumber segalanya, yang dijabarkan oleh hadis dan qaul-qaul ulama muktabar. Maka dari itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul bangga adanya IIQ An Nur ini. Hal ini mendapat nilai tersendiri karena di wilayah Bantul ada perguruan tinggi berbasis Al Qur’an yang berkualitas di Indonesia dan kualitas sarjananya yang sangat mumpuni.

    Selain itu, sambutan terakhir dari perwakilan Kopertais 3 Yogyakarta yang diwakili oleh Dr. Moh Syuhada. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan bahwa terkadang dunia industri saat ini lebih membutuhkan fresh graduate yang tidak melihat latar belakang sarjananya. Artinya, pendidikan ke depan harus mengembangkan keilmuan yang holistik dan multidisipliner. Hal itu akan menjadi kekuatan sekaligus tantangan bersama. Jika melihat sejarah Islam sendiri, sebenarnya Nabi dan para Rasul memiliki keilmuan yang holistik dan multidisipliner, sebut saja Nabi Yusuf yang tidak hanya ahli agama, tetapi ahli perbankan kerajaan saat itu.

    Maka dari itu, kemampuan sarjana IIQ An Nur tidak hanya menguasai ilmu agama semata, tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan praksis dalam menjawab permasalahan kehidupan keseharian dan Kopertais meyakini bahwa seluruh civitas akademika IIQ An Nur bisa membawa institusi ini semakin maju dan mengarah kesana.

    “Untuk para wisudawan, teruslah menjadi pembelajar karena Islam mengajarkan untuk terus belajar sepanjang hayat. Hari ini boleh bersuka cita karena diwisuda, tetapi esok hari kalian harus mulai lebih berpikir untuk menyongsong masa depan.” Ujar Sekretaris Kopertais 3 Yogyakarta ini.

    Prosesi wisuda ditutup dengan do’a oleh pimpinan Al Ma’had An Nur Yogyakarta, KH. Muslim Nawawi. Setelah itu, dilanjutkan dengan ramah tamah antara civitas academica dengan para tamu undangan.

    Pewarta: Ahmad Shofiyuddin Ichsan
    Penyunting: Qowim Musthofa

  • Ketua LPPM IIQ An-Nur Serahkan SK Penerima Dana Hibah Penelitian kepada Pemenang

    Ketua LPPM IIQ An-Nur Serahkan SK Penerima Dana Hibah Penelitian kepada Pemenang

    Bantul, 26 Agustus 2022 Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyerahkan Surat Keputusan Penerima dana hibah kepada para pemenang. Hal ini berdasarkan SK LPPM yang telah diterbitkan pada 22 Agustus 2022 yang lalu.

    Terdapat enam kelompok yang menerima SK tersebut yang terdiri dari berbagai prodi di IIQ An-Nur. Enam kelompok tersebut beberapa di antaranya menyertakan mahasiswa sebagai anggota peneliti.

    Penyerahan SK secara langsung diberikan di kantor LPPM IIQ An-Nur oleh Ketua LPPM yakni Ahmad Shofiyuddin Ichsan dan dihadiri oleh semua pemenang hibah berbasis luaran tersebut.

    Shofiyuddin selaku ketua LPPM menjelaskan kepada para pemenang, bahwa kegiatan ini bertujuan agar meningkatkan jumlah publikasi di lingkungan IIQ An-Nur.

    “Ya, semoga ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan publikasi bapak ibu dosen semuanya,” ungkap Shofi ketika memberikan sambutan.

  • LPM Selenggarakan Workshop Pengelolaan PDDikti Berbasis Akreditasi

    LPM Selenggarakan Workshop Pengelolaan PDDikti Berbasis Akreditasi

    Bantul – Pada hari Kamis, 24 Agustus 2022 Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IIQ An-Nur menyelenggarakan loka karya (work shop) pengelolaan data PDDikti berbasis akreditasi.

    Acara yang diselenggarakan di auditorium IIQ An-Nur tersebut dihadiri oleh semua Dekan dan Kaprodi di IIQ An-Nur. Nindya Rahman selaku ketua LPM IIQ An-Nur menjelaskan bahwa PDDikti sebagai basis akreditasi harus dipahami oleh semua Dekan dan Kaprodi agar mempersiapkan akreditasi sedari awal dan lebih baik.

    Pada acara tersebut turut mengundang M. Didik Rohmad Wahyudi, ST, MT (Kepala Pusat Analisis Informasi, Publikasi Internasional, dan Pemeringkatan LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) sebagai pembicara sejak pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB.

    Didik Rohmad menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan pengisian dan pengiriman data melalui PDDikti. Data yang diisi harus valid utk kepentingan akreditasi. Sebab PDDikti dijadikan sebagai basis akreditasi yang dilakukan oleh BAN PT dan LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri).

    Dari fakta tersebut, Didik menambahkan bahwa perlu sebuah rencana strategis yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi agar dalam menjalankan sistem pendidikan yang nantinya dikirim ke PDDikti harus berdasarkan pada matriks penilaian akreditasi.

    Reporter: Muhammad Mufid

  • Bawaslu Kab. Bantul Undang IIQ An-Nur untuk Menindaklanjuti Kerja Sama

    Bawaslu Kab. Bantul Undang IIQ An-Nur untuk Menindaklanjuti Kerja Sama

    Bantul, Rabu, 24 Agustus 2022 – Bawaslu Kab. Bantul mengundang IIQ An-Nur dalam rangka menindaklanjuti MoU Bawaslu Kab Bantul bersama IIQ An-Nur Yogyakarta beberapa bulan yang lalu.

    Acara tersebut bertujuan untk memberikan pendidikan pengawasan partisipatif pemilu dari Bawaslu Kab. Bantul. Acara yang berlangsung di Kantor Bawaslu Kab. Bantul itu diselenggarakan pukul 09.300 yang disambut oleh Supardi yang menjabat sebagai Kabag Kerja Sama Kelembagaan.

    Harlina., SH ketua Bawaslu kab Bantul menjelaskan bahwa pelaksanaan program kerjasama Bawaslu dengan IIQ An-Nur Yogyakarta, di antaranya program kuliah umum bagi mahasiswa, magang, penelitian, dan pengawasan pemilu di lingkungan kampus.

    Acara ini diselenggarakan oleh Bawaslu Kab. Bantul yg dihadiri oleh seluruh ketua dan anggota Bawaslu kab Bantul, serta dari unsur IIQ An-Nur dihadir oleh Drs. Atmaturida., M.Pd (wakil rektor 2), A. Shofiyuddin Ichsan., MA (ketua LPPM), dan Dzulfahmi Presiden Mahasiswa dan perwakilan Dema IIQ An-Nur Yogyakarta.

    “Kerjasama yang sudah disepakati oleh Bawaslu beserta IIQ An-Nur Yogyakarta semoga dapat dilaksanakan dengan baik, dan pihak bawaslu kab bantul akan memfokuskan pada satu perguruan tinggi dulu untuk pendidikan pengawasan partisipatif pemilu ini,” ungkap Supardi.

    Reporter: Braham Maya Baratullah

  • PENGUMUMAN WISUDA

    PENGUMUMAN WISUDA

    PENGUMUMAN WISUDA

    Nomor. 197/IIQ/AK-W/VIII/2022

    Tentang
    Pelaksanaan Wisuda Angkatan XIV Tahun 2022
    Institut Ilmu Al Qur`an An Nur Yogyakarta
    Tahun Akademik 2021/2022

    Berdasarkan hasil keputusan rapat pada tanggal 12 Agustus 2022, bersama ini diumumkan kepada mahasiswa Iinstitut Ilmu Al Qur`an (IIQ) An Nur Yogyakarta bahwa wisuda angkatan XIV tahun 2022 dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Pelaksanaan Wisuda
      Wisuda akan dilaksanakan pada:
      Hari : Sabtu
      Tanggal : 10 September 2022
      Waktu : Pukul 07.00-selesai
      Tempat : Halaman Utama Kampus IIQ An Nur Yogyakarta
    1. Pendaftaran Wisuda
      Pendaftaran wisuda IIQ An Nur Yogyakarta angkatan XIV tahun 2022 dimulai tanggal 22 Agustus s.d 2 September 2022.
    1. Syarat Pendaftaran Wisuda
      a. Melengkapi Data Diri pada SIAKAD masing-masing mahasiswa, yaitu:
      1) Data Yudisium, meliputi:
      • File PDF Skripsi (Bab 1)
      • File PDF Skripsi (Bab 2)
      • File PDF Skripsi (Bab 3)
      • File PDF Skripsi (Bab 4)
      • File PDF Skripsi (Bab 5)
      • File PDF Skripsi (Cover sd. Daftar Gambar)
      • File PDF Skripsi (Daftar Pustaka sd. Lampiran)
      • File JPEG Foto Resmi Berwarna 3×4
      • File PDF Surat Keterangan Bebas Pustaka sesuai ketentuan yang berlaku. Kontak Perpustakaan: 0819-0422-4278 a.n Arif Setiawan, S.IP
      2) Data Aktivitas & Prestasi selama menjadi mahasiswa meliputi:
      • Perlombaan
      • Seminar
      • Kompetensi
      b. Lunas tagihan administrasi keuangan di SIAKAD.
      c. Lunas tagihan Wisuda Rp. 1.000.000. Pembayaran melalui SIAKAD paling lambat Jum’at, 2 September 2022.
      d. Menyerahkan Foto Resmi Berwarna 3×4 ke staf fakultas.
      Ketentuan Foto:
      • Foto resmi, setengah badan, berwarna
      • Background warna merah
      • Putra : Berjas dan Berdasi
      • Putri : Berjas dan Berjilbab Putih
    1. Pengambilan Toga dan Gladi Bersih
      a. Pengambilan Toga
      Hari : Kamis
      Tanggal : 8 September 2022
      Jam : 10.30-16.00 WIB
      Tempat : Fakultas
      b. Gladi Bersih dilaksanakan pada:
      Hari : Jumat
      Tanggal : 9 September 2022
      Jam : 13.30-16.00 WIB
      Tempat : Kampus IIQ An Nur
      c. Pelaksanaan Gladi Bersih harus diikuti oleh seluruh calon perserta Wisuda.
    1. More Information
      Informasi lebih lanjut tentang persyaratan wisuda, hubungi staf fakultas masing-masing.

    Yogyakarta, 20 Agustus 2022
    A.n. Rektor
    Warek I,

    Dr. Munjahid, M.Ag.
    NIDN 2101076901

  • PENGUMUMAN

    PENGUMUMAN
    NO: 25/AU/IIQ/VIII/2022

    Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor 194/IIQ/VIII/2022 tanggal 10 Agustus 2022 tentang PENDAFTARAN PROGRAM KIP KULIAH IIQ AN NUR YOGYAKARTA TAHUN 2022 dalam rangka Seleksi Calon Mahasiswa Program KIP Kuliah dengan ini diberitahukan beberapa hal sebagai berikut :

    A. Syarat Peserta Seleksi KIP Kuliah TA 2022

    1. Mahasiswa Baru IIQ An Nur TA. 2022-2023 lulusan MA/MAK/Diniyah Formal/SMA/Sederajat lulusan 2020, 2021 atau 2022.
    2. Bagi calon mahasiswa yang daftar gelombang 3 silahkan menggunakan sistem One Day Service (Menghubungi Panitia PMB)
    3. Memiliki keterbatasan ekonomi dan memiliki potensi akademik baik dan didukung bukti dokumen yang sah.
    4. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
    5. Mahasiswa baru bisa mendaftar program KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakarta jika telah membayar registrasi kuliah minimal tahap pertama.
    6. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah.

    B. Prosedur Pendaftaran
    Calon penerima mendaftar secara online melalui https://bit.ly/KIPIIQANNUR2022 paling lambat 01 September 2022.

    C. Berkas-Berkas yang perlu dipersiapkan ketika mendaftar secara online.

    1. SCAN KK (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    2. SCAN KTP (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    3. SCAN Kartu Indonesia Pintar untuk KIP/ Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH/ Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua dari Kepala Desa/ Lurah. (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    4. Foto Resmi Berwarna ukuran 3×4. (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    5. SCAN Rapor Semester 1 s.d 6 (Pdf/foto maksimal 10 MB)
    6. SCAN Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) berserta transkrip nilai yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah. (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    7. SCAN bukti prestasi yang telah dicapai di SLTA/Sederajat (sertifikat atau surat keterangan lainnya) – (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    8. SCAN Rekening Listrik Bulan Terakhir atau Bukti Pembayaran PBB. (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    9. Foto Rumah tampak depan, samping, dalam dan belakang. (Pdf/foto maksimal 1 MB)
    10. Scan Kwitansi Pembayaran Registrasi Kuliah minimal tahap 1. (Pdf/foto maksimal 1 MB)

    D. Waktu Pendaftaran, Seleksi dan Pengumuman

    1. Masa pendaftaran 17 Agustus – 01 September 2022
    2. Seleksi Berkas 02-03 September 2022
    3. Pengumuman Hasil Seleksi Berkas 04 September 2022
    4. Ujian Seleksi Wawancara 05-06 September 2022
    5. Pengumuman Hasil Seleksi 07 September 2022

    Demikian pengumuman ini dibuat agar bisa menjadi maklum.

    Yogyakarta, 16 Agsutus 2022
    a.n. Rektor
    Wakil Rektor III
    Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama

    Dr. H. Khoirun Niat, MA

  • SURAT EDARAN

    SURAT EDARAN

    SURAT EDARAN
    Nomor:194/IIQNlll/2022

    Tentang
    Pendaftaran Program KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakarta Tahun 2022

    Dengan memperhatikan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4202 tahun 2022 tentang Penetapan Perguruan Tinggi penyelenggara Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun Anggaran 2022 tertanggal 29 Juli 2022, maka diinformasikan bahwa:

    1. Kuota Program KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakarta tahun 2022 adalah 12 mahasiswa
    2. Calon pendaftar KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakarta adalah mahasiswa baru angkatan 2022 yang lulus SLTA/sederajat tahun 2020, 2021 dan 2022.
    3. Mahasiswa baru bisa mendaftar program KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakarta jika telah membayar registrasi kuliah minimal tahap pertama.
    4. Aturan mengenai perekrutan beasiswa KIP Kuliah IIQ An Nur Yogyakartaakan diatur dalam tata kelola tersendiri yang dikoordinasi oleh wakil rektor Ill bidang Kemahasiswaan.

    Demikian surat edaran ini dibuat dan jika terdapat kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

    Yogyakarta, 10 Agustus 2022

    a.n rektor

    Wakil Rektor III

    Dr. Khoirun Niat, M.A

    2127018201

  • HER-REGISTRASI MAHASISWA DAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL T.A. 2022/2023

    HER-REGISTRASI MAHASISWA DAN PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL T.A. 2022/2023

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sehubungan dengan telah berakhirnya perkuliahan Semester Genap T.A. 2021/2022, maka diumumkan kepada mahasiswa hal-hal sebagai berikut:

    A. Kuesioner Layanan dan Penilaian Dosen

    Pengisian Kuesioner Layanan dan Penilaian Dosen Semester Genap T.A. 2021/2022 sebagai syarat pengambilan KHS dilakukan secara online dimulai tanggal 8 – 20 Agustus 2022

    B. KHS (Kartu Hasil Studi)

    1. Penginputan nilai oleh dosen mulai 1 – 13 Agustus 2022
    2. KHS semester genap T.A. 2021/2022 dapat dilihat pada portal sistem akademik mulai tanggal 15 Agustus 2022
    3. Masa pengaduan nilai mulai tanggal 15 – 20 Agustus 2022 (setelah tanggal tersebut dosen tidak menerima pengaduan nilai)
    4. Finalisasi Nilai oleh Ka.Prodi. pada tanggal 22 – 27 Agustus 2022
    5. Download, Cetak & Pengesahan KHS dimulai tanggal 29 Agustus 2022

    C. Pembayaran SPP & SKS

    1. Pembayaran Tagihan SPP & SKS Semester Ganjil T.A. 2022/2023 dilakukan secara bertahap melalui SIAKAD.
    2. Pembayaran SPP (sebagai syarat pengambilan KRS) dimulai tanggal 22 Agustus – 22 September 2022
    3. Pembayaran SKS dimulai tanggal 12 September 2022 – 19 November 2022
    4. Bagi Mahasiswa yang masih mempunyai tanggungan tagihan pembayaran semester yang lalu, tidak diperkenankan mengambil KRS Semester Ganjil T.A. 2022/2023

    D. KRS (Kartu Rencana Studi)

    1. Penginputan Jadwal Semester Ganjil 2022/2023 oleh Kaprodi mulai Tanggal 5 – 9 September 2022
    2. Pengisian dan Pengesahan KRS Semester Ganjil 2022/2023 dimulai tanggal 12 – 29 September 2022
    3. Bagi Mahasiswa semester 8 ke atas, yang akan mengulang mata kuliah tetap wajib melakukan Pengisian dan Pengesahan KRS.

    E. Pengajuan Cuti Kuliah dan Aktif Kembali

    1. Pengajuan permohonan cuti di Semester Genap T.A. 2021/2022 dan Pengajuan aktif kembali bagi mahasiswa cuti pada semester lalu akan dilayani tanggal 22 Agustus – 30 September 2022
    2. Bagi mahasiswa yang tidak mengurus pengajuan cuti, maka dikenai status Non Aktif dan tetap wajib membayar SPP dan masa studi tetap diperhitungkan.
    3. Syarat, ketentuan dan mekanisme cuti dan aktif kembali ada pada laman https://iiq-annur.ac.id/cuti-akademik/

    F. Aktif Kuliah

    Perkuliahan Aktif Semester Ganjil T.A. 2022/2023 dilaksanakan secara tatap muka dimulai tanggal 3 Oktober 2022.

    Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bantul, 27 Juli 2022

    Wakil Rektor I

    Bidang Akademik

    Dr. H. Munjahid, M.Ag

    NIDN. 2101076901