SEKILAS INFO
06-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Her Registrasi Mahasiswa Semester Genap 2019/2020 dibagian Pengumuman
  • 1 tahun yang lalu / Pengisian Kuesioner Penilaian Dosen Periode Semester Ganjil 2019/2020 dilaksanakan pada 13 – 18 Januari 2020
  • 1 tahun yang lalu / Kalender Akademik 2019/2020 bisa didownload dibagian Link Akademik
23
Feb 2021
Webinar Nasional: Dalam Rangka Memperingati Harlah ke-1 HMPS PGMI

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an An-Nur Yogyakarta, mengadakan acara webinar Nasional dalam rangka memperingati Harlah ke-1 HMPS PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an An-Nur Yogyakarta yang dibentuk pada tanggal 17 Februari 2020. Webinar Nasional diadakan pada Senin (22/02) melalui aplikasi Zoom Meeting di rumah masing-masing. Dimulai pada pukul 08.30-11.30 WIB.
Webinar Nasional mengangkat tema: “Dengan Harlah ke-1 HMPS PGMI Fakultas Tarbiyah IIQ An-Nur Yogyakarta Kita Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Melalui Optimalisasi Media Pembelajaran di Era Revolusi Society Digital 5.0”. Alasan mengangkat tema tersebut, karena kreativitas dan inovasi sangat penting untuk dilakukan di Era Revolusi Society Digital 5.0 ini. Ditambah masa pandemi yang saat ini sedang berlangsung, mengharuskan kita menggunakan media digital lebih intens lagi. Dengan adanya kreativitas dan inovasi, diharapkan mahasiswa dapat membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik nantinya, serta dapat mengoptimalkannya dengan sebaik mungkin.
Webinar Nasional dibuka oleh ‘Ismah Nurmahya, S.Pd selaku MC, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mukmin, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Aisyha Maulydia selaku ketua pelaksana, Oni Syakroni selaku ketua HMPS, dan Bapak Dr. H. Munjahid, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IIQ An-Nur Yogyakarta.
Pendaftar dalam webinar nasional berjumlah kurang lebih 180 peserta. Namun yang hadir dalam forum zoom kurang lebih berjumlah 100 peserta. Peserta berasal dari berbagai kota dan universitas di Indonesia, dan dari berbagai macam prodi bukan hanya PGMI saja. Selain itu, juga dihadiri oleh guru SD dan saudara non muslim.
Acara inti, yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus menjadi pemateri I. Bapak Ahmad Shofiyuddin Ichsan, MA, M.Pd selaku Dosen PGMI IIQ An-Nur Yogyakarta sekaligus menjadi pemateri II. Serta dipandu oleh Mbak Laila Fajrin, S.Pd selaku Dewan Pembina IMPI sekaligus menjadi moderator.
Sebelum memulai memaparkan materi, moderator terlebih dahulu membacakan Curiculum Vitae dari kedua pemateri dan diberikan waktu masing-masing 20 menit untuk memamparkan materi. Bapak Dr. Andi Prastowo mengatakan, bahwasanya kita tidak akan pernah lepas dengan yang namanya era digital, karena memang era sekarang yang sedang kita jalani. Dalam pemaparan materi kali ini, beliau memfokuskan empat topik pembahasan. Pertama, pembelajaran di Era 4.0 dan 5.0. Kedua, tantangan mutu pembelajaran di kelas virtual. Ketiga, otak manusia, perubahan, dan belajar virtual, dan keempat inovasi media pembelajaran berkualitas di Era tanpa batas. Beliau melanjutkan bahwasanya kemampuan peserta didik ada tiga aspek. Yakni kemapuan di bidang matematika, kemampuan di bidang sains, dan kemampuan di bidang membaca. Namun, kemampuan bidang membaca di Indonesia sangat rendah, sehingga hal itu perlu ditingkatkan.
Selanjutnya pemaparan materi dari Bapak Ahmad Shofiyuddin Ichsan. Beliau menjelaskan dari sisi landasan filosofis serta perjalanan

revolusi industri di dunia mulai dari awal sampai sekarang. Paradigma Moderasi Revolusi Society 5.0 meliputi kompromi, berkeadaban, dinamis, egaliter, dan seimbang. Sebagai penutup, beliau menjelaskan bahwasanya optimalisasi media pembelajaran secara kreatif dan inovatif bisa dilakukan dengan cara: menyadarkan dan mengaktifkan kembali Tri pusat pendidikan, yakni 1) Sekolah, 2) Keluarga, 3) Lingkungan. Sadar bahwa manusia adalah makhluk terbaik di dunia. Maka jangan sampai didikte oleh media dan mestinya mendikte media. Jadikan media sebagai alat, bukan sebagai tujuan. Terakhir mengaktualisasikan kualitas literasi diri dari berbagai sumber dan jadikan sebagai inspirasi.
Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta di akhir acara ada pengumuan pemenang give away bagi penanya yang beruntung. Meskipun webinar Nasional dilaksanakan secara virtual, namun tidak menyurutkan semangat kami dalam mengadakan acara yang begitu luar biasa, serta antusias dari peserta yang luar biasa juga. Di tengah kendala yang ada kami berusaha melakukan yang terbaik agar acara berjalan dengan lancar. Semoga dengan diadakannya seminar Nasional ini, kita bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif dan mengoptimalkan media pembelajaran di tengah tantangan zaman terutama di Era Revolusi Society Digital 5.0. Selain itu, menambah pengetahuan, pengalaman, serta pembelajaran untuk kami ke depan untuk terus belajar dan menjadi lebih baik lagi. Meskipun usia HMPS PGMI IIQ An-Nur baru menginjak ke-1 tahun, namun ini menjadi titik awal yang baik serta menjadi pelecut semangat bagi kami sendiri ataupun organisai lain di kampus IIQ terutama, bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan melibatkan Allah dalam setiap urusan.
Selamat Harlah ke-1 untuk HMPS PGMI Fakultas Tarbiyah IIQ An-Nur!
Sukses selalu! (Aisyah Maulidia)

1
Silahkan kirim pesan kepada kami..
Insyallah akan kami respon secepat mungkin..
Terimakasih..
Powered by