Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2582 Tahun 2020, Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) An-Nur menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) penyelenggara program beasiswa KIP tahun 2020. Oleh karena itu IIQ An Nur membuka pendaftaran beasiswa KIP dengan syarat dan ketentuan berikut ini: 

A. Persyaratan Calon Penerima

Persyaratan calon penerima program KIP Kuliah adalah sebagai berikut: 

  1. Mahasiswa Baru angkatan 2020/2021 lulusan MA/MAK/Diniyah Formal/SMA/Sederajat angkatan tahun 2018, 2019 dan tahun 2020.
  2. Memiliki keterbatasan ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan organisasi yang bertentangan dengan pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  4. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah
  5. Telah diterima sebagai Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang penetapan sebagai mahasiswa IIQ/Surat Keterangan telah diterima sebagai mahasiswa IIQ dari Ketua PMB.
  6. Bagi yang ingin mendaftar KIP kuliah, tetapi belum diterima sebagai mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta, silakan menghubungi nomor 0819 0422 4278 (WhatsApp)

Pembuktian Pemenuhan persyaratan:

  1. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau kartu keluarga sejahtera (KKS), atau kartu Jakarta Pintar (KJP)
  2. Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar 4.000.000 (empat juta rupiah) per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal 750.000 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan
  3. Keputusan akhir penerima akan diambil oleh pihak IIQ An Nur Yogyakarta. 

B. Waktu Pendaftaran

  1. Pendaftaran dan unggah berkas; 26 Agustus 2020 s.d 4 September 2020. Paling lambat berkas diterima pada 4 September 2020 pukul 16.00 WIB. 
  2. Pengumuman nominator KIP Kuliah; 5 September 2020
  3. Wawancara: Selasa, 8 September 2020 secara daring.
  4. Pengumuman peserta penerima beasiswa KIP Kuliah; Rabu, 9 September 2020. 

C. Mekanisme Pendaftaran

Mekanisme pendaftaran calon penerima KIP kuliah adalah sebagai berikut: 

  1. Calon penerima mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. (unduh formulir di sini)
  2. Melengkapi berkas-berkas persyaratan sebagai berikut:
    • Salinan KTP
    • Salinan KIP untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH/Kartu Jakarta Pintar (KJP)
    • Pas foto berwarna ukuran 3×4
    • Salinan rapor semester 1 s.d 6 yang dilegalisir oleh kepala sekolah.
    • Salinan Ijazah beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah. 
    • Menunjukkan prestasi (karya) yang telah dicapai di SLTA dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan lainnya.
    • Salinan rekening listrik bulan terakhir (bila tersedia aliran listrik) dan/atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran dari orang tua/wali. 
    • Menunjukkan penghasilan orang tua/wali bagi calon penerima yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk PIP/Kartu Keluarga Sejahtera untuk PKH/ Kartu Jakarta Pintar. (unduh di sini)
  1. Semua berkas yang telah disebutkan di atas, dipindai (scan) dan diunggah pada formulir yang disediakan dengan terlebih dahulu mengaktifkan/masuk akun Gmail. (unggah berkas klik di sini). Calon peserta wajib memiliki akun (email) di Google untuk mengunggah berkas. 
  2. Mengikuti seleksi calon penerima program KIP kuliah yang telah ditetapkan waktunya.