Harapan sukses studi dengan indikator lancar, tepat waktu, maupun dengan percepatan dalam kenyataannya tidak selalu dapat terealisasi. Permasalahan faktor eksternal maupun internal seringkali muncul. Masalah eksternal ditengarai terjadi akibat kurang terkoordinasinya kampus dengan mahasiswa. Sedangkan faktor internal bersumber dari mahasiswa bersangkutan meliputi masalah fisik, psikis dan sosial.

Sebagai upaya merealisasi harapan sukses studi tersebut, melalui SK No: 3.30.10/AK/IIQ/TY/I/2017, Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur menetapkan adanya Dosen Penasehat Akademik (DPA) bagi mahasiswa. Sejalan dengan latar belakang permasalahan, secara umum DPA memiliki fungsi koordinasi dan layanan konseling dengan tujuan kelancaran, ketepatan maupun percepatan proses studi. Fungsi dan tujuan tersebut terarah pada seluruh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah aktif, baik Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Diharapkan Mahasiswa dapat memanfaatkan keberadaan DPA sebaik-baiknya, sehingga harapan sukses studi dapat terealisasi. Dalam hal ini, mahasiswa berhak mendapatkan layanan konseling, konsultasi, tambahan informasi dan arahan dari DPA dengan kewajiban menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Tidak kalah penting untuk dilaksanakan bahwa di setiap akhir semester, mahasiswa wajib mengumpulkan print-out Kartu Hasil Studi (KHS) kepada DPA masing-masing. Pengumpulan KHS ini penting untuk menunjang fungsi dan tujuan DPA sebagaimana ditentukan.

Berikut dapat didownload DAFTAR DOSEN PENASEHAT AKADEMIK FAKULTAS TARBIYAH IIQ AN NUR. Demikian, semoga proses studi berjalan lancar dan tepat waktu. Terimakasih.