BUKU TAFSIR KONFLIK-KEKERASAN (Mengurai Ketegangan Sosial Menuju Negeri yang Damai)

TAFSIR KONFLIK-KEKERASAN
(Mengurai Ketegangan Sosial Menuju Negeri yang Damai)

Penulis:
Ardhie Raditya, MA & A. Sihabul Millah, MA

Konflik dan kekerasan merupakan fenomena sosial yang tak pernah tuntas dibahas di dalam berbagai kajian akademis. Hal itu dikarenakan dinamika konflik dan kekerasan berkelindandengan perkembangan jaman. Alat analisisnya pun kini tak lagi bersifat tunggal. Keterbatasan teori sosiologi di dalam membaca konflik ataupun kekerasan tak sekedar pada analisis yang up to date, tetapi terletak pada bagaimana teori yang dijadikan unit analisis itu dipraksiskan ke dalam suatu fenomena sosial. inilah yang dimaksud oleh Bourdieu sebagai sosiologi reflektif.

Kekosongan literatur konflik dan kekerasan di negeri ini punsudah banyak terisi. Hanya saja, substansi materinya masihterfragmentasi dan terbelah. Ada yang terfokus pada kajian konflik, namun lemah di dalam analisis kekerasan dan strategi solusinya. Ada yang terfokus kepada kekerasan, namun mengabaikan isu konfliknya. Ada yang sekedar tataran teoritis, tetapi praksis dari teoritis justru tak tersentuh secara komprehensif. Bahkan, konsentrasi teoritisnya berada dalam jalur konvensional.

Kehadiran buku ini, mencoba mengisi keterbatasan dan kekosongan buku-buku konflik-kekerasan yang telah hadir sebelumnya di tangan pembaca. Buku ini mencoba memetakan teoriteori konflik-kekerasan dari pandangan tokoh sosiologi klasik, modern hingga posmodern. Kemudian, berbagai teori itu dijadikan pisau analisis membedah kasus konflik-kekerasan yang terjadi di negeri ini. Mulai kasus yang berdimensi teologis, etnis, edukatif, dana bantuan
bencana, hingga yang berada di hiperealitas.

Buku ini bisa didownload secara gratis disini