DEMA Tarbiyah Adakan Workshop Karya Tulis Ilmiah

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta mengadakan workshop karya tulis ilmiah dengan menghadirkan narasumber Qowim Mustofa salah satu dosen IIQ An Nur yang aktif dalam dunia kepenulisan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa, 2 November 2021 dan bertempat di ruang auditorium IIQ An Nur. Workshop yang bertemakan “Mewujudkan Mahasiswa yang Berkualitas, Produktif, dan Terampil dalam Dunia Kepenulisan” tersebut diikuti sebanyak 80 orang peserta, dengan didominasi oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah serta beberapa mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan workshop tersebut adalah untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa, terutama mahasiswa semester satu, terkait penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh Vina Rezki Ningrum, selaku ketua panitia. Ia berharap, dengan adanya workshop kali ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk lebih maksimal dalam menulis karya ilmiah, minimal dalam hal penulisan makalah.

Dalam sambutannya, ketua DEMA Fakultas Tarbiyah, Faisal Dzulfahmi menambahkan bahwa akan ada rencana tindak lanjut setelah terselenggaranya workshop tersebut. Ia menyampaikan bahwa ke depannya mahasiswa yang mempunyai minat dalam bidang kepenulisan, akan diberikan wadah untuk mengembangkan kemampuannya. “Jadi, setelah ini, tidak selesai dan tidak cukup hanya sampai di program ini saja, tapi akan ada tindak lanjut dan juga akan ada pendampingan yang lebih dalam”, begitu paparnya. 

Berkenaan dengan hal tersebut, Zainal Fanani selaku Presiden Mahasiswa IIQ An Nur juga menekankan bahwa penting bagi mahasiswa untuk mulai meningkatkan personal branding, yaitu dengan belajar hal-hal baru, salah satunya dengan terjun di bidang kepenulisan. Menurutnya, dengan mempunyai personal branding dan kemampuan untuk bergerak dalam bidang yang ditekuni, maka hal tersebut dapat membawa pada perubahan besar dalam diri mahasiswa dan nantinya akan berpengaruh di masa depan.

Dr. Lina, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah, turut menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya  workshop karya tulis ilmiah ini. “Saya sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah sangat menyambut baik kegiatan ini, menulis adalah suatu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh semua orang termasuk anda sebagai mahasiswa”, jelas beliau.

Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa pihak fakultas akan sangat mendukung baik kegiatan semacam ini, karena dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Selain itu, beliau juga mendorong para mahasiswa untuk dapat berkompetisi dalam kegiatan tulis menulis, sehingga nantinya akan menjadi sebuah prestasi yang memberikan nilai lebih bagi mahasiswa. 

Dalam workshop karya tulis ilmiah ini, narasumber Qowim Mustofa memberikan banyak pemaparan terkait materi kepenulisan, mulai dari langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, hingga tips-tips untuk dapat mengatasi kesulitan dalam menulis. Menurutnya, menulis bukan hanya sekedar membuat tulisan saja, namun lebih kepada bagaimana seseorang dapat menuangkan gagasannya. “Menulis itu lebih kepada kita menuangkan gagasan”, ujar beliau.

Selain itu, beliau juga menyampaikan keterkaitan antara menulis dan membaca. Menurut beliau, aktivitas membaca  dan menulis harus menjadi sebuah rutinitas yang seimbang. “Jangan harap bisa menjadi penulis yang baik, kalau tidak mau menjadi pembaca yang baik”, papar beliau. 

Pewarta : Afriani
Penulis : Muti’atul Chasanah