Peringatan Maulid Nabi Saw dan Hari Santri Nasional Fak. Ushuludin Mengadakan Simaan Al-Quran

Rabu, 20 Oktober 2021, mahasiswa Fakultas Ushuluddin melaksanakan sima’an Al-Qur’an 30 juz bil hifdzi, mujahadah pembacaan sholawat jibril dan tahlil. Acara ini digerakkan oleh DEMA Fakultas Ushuludin & Lingkar Studi Ilmu Quran dan Hadis (LSIQH) IIQ An Nur Yogyakarta.

Acara ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh KH. Ikhsanuddin, MSI selaku Dekan Fakultas Ushuluddin. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan tersebut. Berharap kegiatan seperti ini  akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin utamanya untuk mahasiswa yang ikut program tahfidz.

Karena kegiatan sima’an Al-Qur’an seperti ini sangat membantu mahasiswa yang sedang menghafalkan Al-Qur’an dan sudah selesai menghafalkan dalam menjaga hafalannya.

“Menghafalkan Al-Qur’an adalah fardu kifayah dan jika sudah menghafalkan Al-Qur’an maka hukum menjaga hafalannya adalah wajib. Maka, salah satu bentuk menjaga hafalan tersebut adalah dengan melakukan sima’an seperti ini”, sebut beliau dalam sambutan itu. 

Setelah dekan fakultas Ushuluddin membuka acara sima’an dan mujahadah, segenap mahasiswa Ushuluddin memulai pembacaan sima’an yang sudah dibagi sebelum acara dimulai.

Kegiatan sima’an dibagi menjadi tiga majelis, majelis I yaitu juz 1-10 di lobby depan kampus IIQ An Nur, majelis II  yaitu juz 11-20 di lobby lantai 2 kampus IIQ An Nur,  dan majelis III yaitu juz 21-30 di ruang auditorium.

Simaan Al-Quran Fakultas Ushludin IIQ An Nur

Adapun sholawat jibril yang diperoleh sebanyak 5500 sholawat melebihi dari target panitia yaitu 3000 sholawat. Pembacaan sholawat jibril tidak seluruhnya dilakukan di kampus, melainkan sebagian mahasiswa yang keberadaannya masih di luar Jogja membaca di kediaman masing-masing. Karena dengan demikian, seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin baik yang ikut kuliah luring maupun daring turut berpartisipasi dalam acara ini.

Pembacaan juz sima’an Al-Qur’an  yang sudah dibagi menjadi tiga majelis ini dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 15.30 yang ditutup dengan tahlil serta do’a takhtim oleh Qowim Musthofa, M.Hum salah satu dosen IIQ An Nur dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin.

Pewarta Nera Afriyanti
Penulis Nera Afriyanti
Penyunting Qowim Musthofa