Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI Hadir sebagai Pembicara dalam Studium Generale IIQ An Nur

Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta usai menyelenggarakan stadium general dengan mengangkat tema “Arah Baru Studi Keislaman di Masa Pandemi Covid 19 dan Revolusi Industri 4.0“ pada hari Selasa (12/10/2021). Acara tersebut digelar di auditorium dengan diikuti oleh mahasiswa IIQ An Nur, khususnya semester I dan III baik secara luring maupun daring.

Wakil Rektor I Dr. Munjahid M.Ag. yang hadir sekaligus menjadi moderator dalam acara tersebut menyampaikan bahwa melalui stadium general ini, mahasiswa dapat menambah ilmu, wawasan, serta meningkatkan ghirah belajarnya walaupun dalam keadaan pandemi. Sehingga harapan kedepannya, akan membawa IIQ An Nur menjadi lembaga yang semakin maju dan lebih baik lagi.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, Rektor IIQ An Nur Dr. Ahmad Shihabul Millah, MA., Wakil Rektor III Atmaturida, M.Pd., Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Ali Ramdhani selaku narasumber, beserta para jajaran dosen IIQ An Nur.

Dalam penyampaian materinya, Prof. Dr. Ali Ramdhani banyak memberikan pencerahan kepada para mahasiswa terkait pentingnya pendidikan. Menurut beliau, esensi dari pendidikan adalah pada dasarnya untuk memanusiakan manusia. “Pendidikan pada dasarnya adalah sebuah upaya yang sistematis yang dilakukan secara sengaja dan struktur untuk memberikan makna kemanusiaan pada manusia. Anda hanya akan menjadi manusia yang sesungguhnya apabila melalui sebuah proses pendidikan”, ungkapnya.

Dalam hal ini, beliau menganggap bahwa pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat penting, bukan hanya sekadar transfer of knowledge namun juga harus mampu mengembangkan keterampilan dan kemampuan intelektual. Menurutnya pendidikan Islam juga harus bisa menjadikan nilai ihsan sebagai pilar dan standar pendidikan. Hal ini ditujukan untuk menghasilkan para intelektual yang mampu mengedepankan sikap integritas, kedisiplinan, humanis, serta perilaku baik kepada guru dan orangtua.

Berkaitan dengan berbagai pemaparan beliau tentang pendidikan, Prof. Dr. Ali Ramdhani menyampaikan bahwa yang menjadi titik fokus dari pendidikan sejatinya adalah kebahagiaan. Beliau juga memberikan statement menarik tentang prinsip kebahagiaan.

“Kebahagiaan itu tidak bisa dicari. Kalau kita mencari kebahagiaan di dunia ini maka yang kita temukan adalah kesenangan. Sebab kebahagiaan itu tidak akan pernah ditemukan dalam proses pencarian, tetapi kebahagiaan itu hanya bisa diciptakan”, papar beliau.

Pewarta Mutiatul Chasanah
Penulis Mutiatul Chasanah
Penyunting Qowim Musthofa