Rangkaian Acara PBAK Mahasiswa Baru IIQ An-Nur Diakhiri dengan Pentas Seni

Kamis, 30 September 2021 merupakan hari ke-4 sekaligus hari terakhir pelaksanaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan(PBAK) CENDEQIA. Apel pagi disertai pengecekan ketertiban selalu menjadi awal dari kegiatan PBAK CENDEQIA, hal ini guna melatih kedisiplinan dan keseriusan peserta dalam menjalankan seluruh rangkaian acara yang akan berlangsung. Apel pagi juga merupakan ajang peserta untuk menampilkan yel-yel kelompoknya, yang juga menarik adalah nama makanan daerah menjadi identitas masing-masing kelompok, mulai dari gudeg, ketoprak, kerak telor hingga tempoyak.

Auditorium yang biasa digunakan menjadi ruang utama selama rangkaian acara berlangsung, namun di hari terakhir panitia berdasarkan beberapa pertimbangan menggunakan loby lantai 3 sebagai panggung utamanya. Agenda dilanjutkan berupa sosialisasi banom (badan otonom), UKM dan organisasi yang berada di lingkup IIQ An nur, mulai dari DEMA Institut, Lembaga Pers Mahasiswa, korps dakwah, IM Banking maupun PMII. Mahasiswa baru tampak sangat antusias menyimak dan berusaha memahami berbagai pemaparan oleh masing-masing pengurus Lembaga maupun organisasi tersebut. Hal ini merupakan langkah awal dari proses reqruitment sebagai bentuk mempersiapkan estafet kepemimpinan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan semarak pentas seni yang ditampilkan oleh masing-masing kelompok. Hal tersebut diharapkan mampu memeriahkan hari terakhir pelaksanaan PBAK CENDEQIA ini, adapun pentas tersebut menampilkan mulai dari tarian tradisional, drama musikal hingga puisi berantai. Peserta maupun panitia tampak bersorak gembira dan berpartisipasi aktif dalam menyaksikan berbagai macam penampilan. Terdapat pula dewan juri yang menilai langsung pentas seni yang dibawakan oleh masing-masing kelompok tersebut, adapun unsur penilaiannya berupa kekompakan, keseriusan, atribut, kreatifitas, pembawaan dan tingkat kesulitan tema yang disajikan.

Penampilan pentas seni berakhir hingga pukul 14.00 wib, yang kemudian dilanjutkan dengan istirahat sejenak sembari panitia menyiapkan rangkaian acara penutup dalam pelaksanaan PBAK CENDEQIA 2021. Penutupan acara berlangsung pada pukul 15.30 wib, dimulai dengan pembacaan sumpah mahasiswa yang dipimpin langsung oleh ketua komisariat PMII IIQ An nur sahabat Misbahul Munir, orasi dan penyampaian pesan-pesan oleh ketua panitia PBAK CENDEQIA 2021 Tubaguz Izmi Mubarok dan presiden mahasiswa IIQ An nur Yogyakarta Zainal Fanani. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pentas seni juara 1,2 dan 3, kelompok terbaik, kelompok ter ter, mentor terbaik hingga penobatan peserta PBAK putra dan putri terbaik berupa king dan queen of PBAK 2021 oleh king (Dzulfahmi) dan queen(Annisa Nur fitriana) of PBAK 2019.

Sesi foto bersama, penyerahan buku dari peserta untuk kegunaan ruang DEMA dan pembagian kado silang juga meramaikan rangkaian penutupan acara. Dilanjutkan dengan panita berkeliling lapangan sembari memegang bomb smoke berwarna warni yang memberikan tampilan menarik.  tak lupa sesi foto Bersama oleh panitia yang merupakan bentuk rasa syukur dan bahagia atas terselenggaranya seluruh kegiatan PBAK CENDEQIA 2021 kali ini.

Pewarta Fahmi
Penulis Fahmi
Penyunting Qowim Musthofa