Wakil Rektor I Bidang Akademik IIQ An Nur Berhasil Meraih Gelar Doktor di UIN Sunan Kalijaga

Senin, 3 Februari 2020 UIN Sunan Kalijaga menggelar sidang terbuka promosi doktor atas nama H. Khoirun Niat, MA.

Disertasi berjudul Struktur Surat-surat Alif Lam Mim Dalam Al-Qur’an dihadiri oleh sejumlah dewan dzuriyah PP. AN NUR dan dosen IIQ AN NUR.

Dr. Khoirun Niat, Dewan penguji dan Beberapa Masyayikh Dzuriah Pondok Pesantren An Nur Ngrukem

Disertasi tersebut berhasil diujikan di depan Dewan Penguji yang dipimpin oleh Prof. Yudian Wahyudi. MA, Ph.D,

  1. Prof. Dr. Heddy shri ahimsa putr. MA, M.Phil,
  2. Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag
  3. Dr. Phil Sahiron, MA
  4. Prof. Dr. Syihabuddin Qulyubi, Lc, M.Ag
  5. Dr. Ahmad Baidowi, S.Ag, M.Si
  6. Prof. Dr. H. Muhammad, M.Ag
  7. Ahmad Rofik, M.Ag, MA, Ph.D

Penelitian ini menyimpulkan bahwa:

  1. Struktur Surat alif-lām-mīm adalah struktur tiga (segitiga tidak presisi) dengan tiga titik yang saling berinteraksi; dua titik berlawanan dan satu titik di antara keduanya tapi tidak tepat di tengah; dua titik (alif dan mīm) menjadi lambang mukmin dan kafir; sedangkan satu titik (lām) menjadi lambang munafik;
  2. Relasi antara alif-lām-mīm dengan surat yang diawali dengannya adalah relasi simbolis struktural, dengan artian bahwa alif-lām-mīm dan struktur di dalamnya merupakan lambang (tanda) yang menunjukkan struktur isi surat yang diawali dengannya. Dengan demikian alif-lām-mīm menempati posisi utama sebagai tanda sekaligus ringkasan isi surat;
  3. Keenam surat (al-Baqarah, Ali Imran, al-Ankabut, al-Rum, Luqman dan al-Sajdah) diawali dengan bentuk yang sama karena memiliki struktur isi yang sama yang ditunjukkan oleh bentuk alif-lām-mīm.

Keberhasilan Khoirun Niat dalam mepresentasikan disertasinya berhasil meraih predikat cumlade, Prof Yudian mengatakan “Selamat Nilai Disertasi anda sangat memuaskan dan menjadi Dr. yang ke 700 UIN Sunan Kalijaga.”

qm/qm