Institut Ilmu Alquran An Nur Yogyakarta dalam tahun 2019 ini menerima sekitar 201 Mahasiswa baru. mahasiswa baru yang mengikuti PBAK Garda Muda 2019 sekitar 173 mahasiswa dari tiga fakultas yang ada di kampus IIQ. Kegiatan ini berlangasung selama 4 hari dimulai dari tanggal 23-26 September 2019. Kegiatan PBAK ini mengambil tema “Menciptakan Intelektual Yang Berjiwa Religius, Nasionalis, Dan Moderat Di Era Milenium”.

Dalam sambutannya rektok IIQ An Nur Yogyakarta KH. Heri Kuswanto MSI mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, beliau juga mengucapkan selamat menjadi bagian dari IIQ An Nur Yogykarta yang merupakan anugerah Allah SWT, karena sudah melalui tahap penyeleksian masuk IIQ baik dari gelombang pertama hingga ketiga ini.

KH. Yasin Nawawi dalam opening Ceremonial selaku ketua yayasan al-Ma’had An Nur Yogyakarta juga memberikan sambutan kepada para mahasiswa baru dan memberikan apresiasi lebih terhadap jerih payah panita untuk mensukseskan PBAK ini.

“saya sangat mengapresiasi atas jerih payah panitia dalam mensukseskan kegiatan PBAK ini, selain itu saya ingin menyampaikan kepada anak-anakku untuk selalu berusaha dan berproses dalam mencapai kesuksesannya. Saya lebih bangga kepada anak saya yang menggunakan seluruh kemampuannya untuk berproses meski belum maksimal ketimbang berhasil namun dengan cara-cara yang kurang beretika. Pesan saya kepada kalian agar selalu ingat dan selalu menata niat untuk belajar dan menuntut ilmu disini”. Ucap KH. Yasin Nawawi dalam sambutannya.

Di hadapan Rekotor dan civitas akademisi IIQ An Nur Yogyakarta, Presiden mahasiswa IIQ An Nur yogyakarta juga menyampaikan sambutan kepada mahasiswa baru agar selalu mengingat esensi mahasiswa sebagai inisiator selaku agent of change, dengan memaparkan paradigma mahasiswa pada umumnya.

“sebagai mahasiswa kita harus menjadi seorang mahasiswa yang organisatoris, yang perduli akan lingkungan sekitar. Yang selalu bahu-membahu membangun masyarakat dan menjadi penyalur suara masyarakat untuk sebuah perubahan. Disamping itu kita juga perlu menjadi mahasiswa yang non-organisatoris untuk konsentrasi dalam akademik kita di kampus, dalam hal ini sebagai mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta, seharusnya kita bisa menjadi mahasiswa yang moderat organisatoris cum non-organisatoris yang akan menjadi agen perubahan selanjutnya dalam estafet kepemimpinan generasi Indonesia selanjutnya”. Ucap Muhamad Jamaludin selaku presiden mahasiswa dalam sambutannya.

Acara ini di buka secara resmi oleh ketua Yayasan al-Ma’had An Nur Yogyakarta secara simbolis dengan pelepasan balon ke udara sebagai simbol bahwa PBAK Garda Muda 2019 IIQ An Nur Yogyakata telah di buka  pada (23/09/19). (Muhamad Jamaludin/LPM)