(Senin, 23 September 2019) serangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) IIQ Annur Yogyakarta dihiasi dengan hal-hal yang menarik dan religius, salah satunya adalah Ziarah ke Makam al-Maghfurlah KH. Nawawi Abdul Aziz (Pendiri Pondok Pesantren Annur Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul).

Mengapa ziarah? alasannya untuk memperkenalkan pendiri Yayasan al-Ma’had Annur kepada calon mahasiswa baru (camaba) sekaligus sowan kepada Beliau agar mendapatkan keberkahan Beliau.

Ziarah camaba putra dipimpin oleh Muhammad Isa Gautama (camaba alumni MA al-Ma’had Annur). Kemudian ziarah camaba putri dipimpin oleh Muhammad Faqih Aminullah (panitia). Prosesi ziarah sangat hikmat dengan lantunan doa dan tahlil, dan kekhusuan peserta ziarah.

Adapun teknis pelaksanaannya adalah saling bergantian antara camaba putra dan putri. Diawali oleh camaba putra terlebih dahulu sedangkan camaba putri melakukan pendalaman materi bersama anggota Dema I.

Kemudian pelaksanaan pendalaman materi bersama Dema I bertujuan sebagai ajang diskusi sekaligus output dari materi yang telah disampaikan sebelumnya, anggota Dema I bertugas sebagai fasilitator yaitu memancing dan menengahi diskusi tersebut.

Untuk camaba berziarah ke makam beliau juga merupakan permohonan restu kepada beliau dan pendalaman materi digunakan untuk menanbah sikap kritis dari camaba dalam bentuk diskusi. (Umi Hasanah/LPM)