DEMA F Tarbiyah Gelar Pembukaan Kegiatan Peringatan Hari Kartini

Bantul (13 Mei 2019), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta mengadakan pembukaan kegiatan Peringatan Hari Kartini dan Harlah DEMA F Tarbiyah ke XII. Peringatan tersebut merupakan kegiatan yang sudah teragendakan dalam rutinan kegiatan dari organisasi ini.

Kegiatan ini resmi dibuka, dengan pembacaan surat Al-Fatihah yang dipimpin oleh Zainal Fanani, selaku MC. Kemudian Ani Labibah yang juga menjadi MC secara bersautan menjelaskan latar belakang mengapa hari Kartini diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Perjuangan Kartini adalah perjuangan menuju wanita yang lebih baik dan surat-surat beliau lahir karena kegelisahannya melihat pendidikan perempuan pada masa tersebut,” terang Ani.

Penjelasan MC tersebut, sebagai pengantar dari tema Seminar (sebagai rangkaian dari kegiatan tersebut) yaitu “Telaah Surat Kartini untuk Pendidikan Indonesia”.

Kegiatan ini diketuai oleh Ahmad Tomi Wijaya. Adapun kesuksesan acara ini tak lepas dari kekompakan panitianya, yang mana sebagian besar panitia tidak lain adalah anggota dari Dema F Tarbiayah sendiri dan beberapa perwakilan kelas dari Fakultas Tarbiyah.

Dalam sambutannya, Tomi menjelaskan tema kegiatan dan mengapa kegiatan ini dijadikan agenda rutinan dalam kegiatan organisasi ini. Tema kegiatan kali ini adalah “Pesona Jiwa Kartini Muda Bangkitkan Asa”, adapun peringatan Hari Kartini jatuh pada tanggal 21 April, yang mana bertepatan dengan lahirnya Dema F Tarbiyah ini, jadi ini merupakan ulang tahun untuk DEMA F Tarbiyah,” papar Tomi.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua DEMA IIQ An Nur yaitu Muhammad Jamaluddin dalam kesempatan ini dia mengucapkan banyak terima kasih dan harapan untuk Dema F Tarbiyah.

“Kami dari Dema I mengucapkan beribu terima kasih kepada teman-teman panitia yang telah menyukseskan acara ini dan kami berharap terus adakan kegiatan-kegiatan, tujuannya agar ada follow up dan kami (menunggu) tindakan dari teman-teman wanita untuk (ikut serta) memajukan organisasi dengan baik,” terang Jamaluddin.

Sambutan terakhir oleh Drs. Munjahid M. Ag., selaku Dekan IIQ An Nur Yogyakarta, dalam sambutannya beliau memberikan selamat dan motivasi kepada Dema F Tarbiyah, agar suatu saat lahir kegiatan yang lebih baik lagi.

“Sukses dan lahirkan (kegiatan-kegiatan) suatu saat yang lebih baik lagi,” terang beliau.

Akhirnya, perjuangan Kartini merupakan perjuangan di masanya, sekarang ini adalah masa kita dalam berproses. Kita harus senantiasa diperjuangkan menuju ke arah yang lebih baik lagi. Sebagai makhluk kita harus bisa melaksanakan tugas kita sebagai khalifah di muka bumi, sebagai salah satu caranya ialah dengan keistiqamahan dalam berproses. (Umi Hasanah).