KTI Budayakan Mahasiswa untuk Menulis

DEMA Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur menyelenggarakan program Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya mahasiswa untuk membudayakan literasi di lingkungan kampus.

KTI merupakan salah satu wadah untuk melatih mahasiswa terutama dalam hal menulis berita, artikel, maupun resensi, di samping karangan bebas yang lebih sering ditulis mahasiswa.

Qowim Mushofa, M. Hum, selaku pembimbing menyampaikan bahwa dalam menulis hendaknya tidak tergesa-gesa. Karena menulis adalah bentuk dari kristalisasi keilmuan yang dimiliki seseorang.

“Nulis itu sudah kristalisasi keilmuan,” jelas Qowim (22/12/2018), di ruang tamu IIQ An Nur.

Qowim juga mengingatkan 8 peserta KTI yang hadir untuk selalu membaca setiap hari agar mudah dalam menulis. Sebagai contoh jika ingin menulis artikel, para peserta harus membaca minimal 3 artikel setiap harinya di samping membaca buku bacaan.

Beliau juga membagi tips agar tetap semangat menulis, baik ketika sedang merasa jenuh maupun saat tidak ada ide yang harus dituliskan.  Untuk mengatasi hal itu yakni dengan cara melakukan kegiatan sederhana, seperti menyapu, menata buku, dan kegiatan sederhana lainnya yang sering dilakukan setiap hari. Setelah itu, baru mulai menuliskan kembali apa yang sebelumnya hendak ditulis.