Koperasi Kantin Syariah (KKS) Terobosan Terbaru Dema FEBI

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) IIQ An Nur Yogyakarta membuat satu terobosan baru terkait dengan ekonomi mahasiswa dengan mendirikan Koperasi Kantin Syariah. Koperasi ini berdiri pada tangal 8 Oktober 2018.

Mu’afinul Huda selaku Ketua DEMA FEBI memaparkan awal mula terbentuknya Koperasi Kantin Syariah ini dari ide mahasiswa. Beberapa dosen turut memberikan dorongan, terlebih Dekan FEBI sangat setuju untuk segera mendirikan sebuah lembaga.

“Koperasi Kantin Syariah ini pada awalnya adalah Kewirausahaan Syariah yang di bawah naungan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa Ekonomi Syariah IIQ An Nur, namun setelah mendapatkan beberapa masukan dari dosen dan mahasiswa, maka namanya berubah menjadi Koperasi Kantin Syariah” jelas Huda di KKS, Jum’at (26/10/2018).

“Lembaga kewirausahaan ini sebenarnya sudah lama kita musyawarahkan dan kemarin pada tanggal 8 Oktober 2018 kita launching-kan pertama kali, untuk pengoperasian Koperasi Kantin Syariah ini setiap jam kosong mahasiswa Ekonomi Syariah,” ujarnya.

Huda juga menambahkan maksud dari kewirausahaan ini sebagai sarana mahasiswa FEBI untuk belajar bisnis Islam secara langsung.

“Tujuan dari kewirausahaan ini banyak sekali salah satunya untuk menjadi wadah atau sarana praktek secara langsung terkait tentang bagaimana kita berbisnis secara Islam, bagaimana akad-akad yang berada di dalamnya dan untuk menciptakan atau membuat kesejateraan kepada mahasiswa Ekonomi Syariah khususnya maupun mahasiswa umum lainnya,” tandasnya. (Mualimin)