Bantul – Jumat, 11 Mei 2018. Gunung Merapi mengalami erupsi dengan mengeluarkan asap tebal (wedus gembel). Akibat erupsi tersebut terjadilah hujan abu di sekitar daerah gunung Merapi termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hujan abu memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan, karena jika terhirup dapat menyebabkan penyakit paru.

Oleh karenanya, masyarakat perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan dalam keadaan semacam ini. Salah satu cara dalam menjaga kesehatan tersebut adalah dengan memakai masker ketika berada di luar ruangan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IIQ An Nur Yogyakarta. Sejak Jumat pagi mahasiswa sudah melakukan koordinasi untuk membagi-bagikan masker gratis kepada mahasiswa dan dosen. Ini adalah salah satu aksi kecil yang dilakukan para kader sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap bencana fenomena yang sedang terjadi.

“Mahasiswa harus peduli terhadap fenomena sosial, tidak hanya dalam pergulatan politik dan pemerintahan, tetapi juga bencana alam. Dimulai dari hal yang kecil saja, ya seperti membagikan masker gratis ini, mudah-mudahan bermanfaat.” kata Muh. Asysy’aroni selaku ketua umum PK PMII IIQ An Nur Yogyakarta.

Asysya’roni berharap agar para kader PMII nantinya dapat beraksi lebih, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, terutama dalam hal kepedulian terhadap sosial kemasyarakatan. (Diah, Harokati)