Tradisi Ziarah di Kalangan Santri Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta

Ziarah ke makam KH Nawawi sudah menjadi agenda wajib setiap kali memperingati HUT Kelompok Study Tarbiyah/ KST (sekarang DEMA Fakultas Tarbiyah). Ini sudah menjadi tradisi bagi santri mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta. Pada Peringatan Hari Kartini dan HUT DEMA Fakultas Tarbiyah ke-11 kali ini, ziarah dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu (21 s/d 29 April).

Ziarah wajib dilaksanakan oleh masing-masing kelas dari Fakultas Tarbiyah. Kelas-kelas tersebut meliputi: Prodi PAI A, B, dan C (SMT II), Prodi PGMI (SMT II), Prodi PAI A dan B (SMT IV), Prodi PGMI (SMT IV), serta Prodi PAI A, B, dan C (SMT VI).

Muhammad Basyar Mustofa, selaku Ketua KST Periode 2016-2017 menuturkan bagaimana awal mula dilaksanakannya tradisi ini.

“Ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren An Nur, Almaghfurlah Simbah KH Nawawi Abdul Aziz, menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Harlah KST ke-VIII  Periode 2014/2015. Kegiatan ini diinisiasi oleh Ketua KST pada waktu itu, Nur Alifah (perempuan pertama yang menjabat Ketua KST) dan disahkan oleh panitia pelaksana peringatan harlah,” tutur Basyar.

“Teknis pelaksanaan kegiatannya dilakukan bergantian oleh masing-masing kelas selama kurang lebih satu minggu. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa IIQ An Nur tanpa terkecuali. Imam ziarah sudah disiapkan oleh panitia pelaksana,” tambahnya.

Pada tahun ini, ziarah dipimpin langsung oleh imam dari masing-masing kelas. Biasanya ziarah dilaksanakan ketika disela-sela waktu kuliah, sehingga tidak mengganggu perkuliahan.

“Menurut Nur Alifah kegiatan ziarah ini memang sudah biasa dilaksanakan oleh santri mahasiswa. Akan tetapi, untuk mahasiswa di luar pondok, minimal dan setidaknya setahun sekali berziarah ke makam mbah Nawawi,” ujar Basyar.

Basyar berharap, “semoga kegiatan ziarah ini juga menjadi kegiatan yg wajib dilaksanakan pada saat peringatan harlah sebagaimana simaan Alqur’an dan donor darah.”

“Dan terbukti pada peringatan harlah KST ke IX dan X kegiatan ziarah tetap dilaksanakan. Pada tahun ini pun, HUT DEMA Fakultas Tarbiyah ke-11 juga dilaksanakan,” tambahnya. (Fitri, Harokati)