Dekan Fakultas Tarbiyah  Ingatkan Mahasiswa untuk Memetik Nilai Emansipasi Seorang RA Kartini

SABTU, (21/4), DEMA Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta mengadakan acara Pembukaan Peringatan Hari Kartini. Acara ini sekaligus untuk memperingati HUT DEMA Fakultas Tarbiyah yang ke-11.Tema yang diusung tahun ini adalah “Refleksi Perjuangan RA Kartini dalam Berbudaya Luhur untuk Membangun Bangsa.”

Acara pembukaan ini dilaksanakan di Lobby IIQ An Nur Yogyakarta. Puluhan audien yang hadir merupakan keluarga besar MI An Nur Yogyakarta dan mahasiswa IIQ An-Nur Yogyakarta delegasi dari Prodi PAI dan PGMI, serta dari Fakultas Ushuluddin .

Acara tersebut mendapat apresiasi dari Dr. H. Munjahid, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan nilai penting yang dapat dipetik dari peringatan  Hari Kartini yakni tentang emansipasi wanita.

“Jadi orang kalau ingin  maju, orang kalau ingin menjadi orang yang hebat, dia harus mampu berpikir melampaui zamannya,” tutur Munjahid.

Beliau menambahi, jika pada waktu itu RA Kartini berpikir monoton dan biasa-biasa saja, maka perempuan-perempuan Indonesia tidak dapat merasakan bangku sekolah. Oleh sebab itu, kehebatan dari seorang RA Kartini sebagai tokoh emansipasi ini harus dipetik oleh para mahasiswa.

Beliau juga menjelaskan bahwa terdapat silsilah antara RA Kartini dengan Kyai Sholeh Darat. Kyai Sholeh Darat merupakan guru Bupati Jepara, ayahanda RA Kartini. Dengan demikian, RA Kartini merupakan seorang pahlawan sekaligus seorang yang punya basic agama yang kuat.

Beliau berharap semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh DEMA Fakultas Tarbiyah tidak hanya sekedar formalitas atau kegiatan ceremonial belaka. Akan tetapi harus punya pengaruh terhadap mahasiswa itu sendiri.

“Semangat untuk mengadakan kegiatan dengan dana yang seadanya dan libatkan seluruh  mahasiswa agar kegiatan lebih berkah dan bermanfaat. Tidak hanya sekedar ritual belaka dan petiklah jiwa Kartini, jiwa kepahlawanannya dan jiwa semangatnya untuk maju, tampil,” tambahnya. (Fitri, Harokati)