Mahasiswa IIQ Hadiri MUNAS IV FKMTHI di Jakarta

Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI) melaksanakan kegiatan Simposium Tafsir Nusantara dan Musyawarah Nasional ke-IV (MUNAS-IV) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta pada tanggal 21-23 Maret 2018 lalu. Mahasiswa Institut Ilmu al-Qur’an An Nur Yogyakarta fakulatas Ushuludin mengirimkan tiga delegasi yaitu Ali Muddin Hasibuan, Imam Nurkarim, dan Muhamad Jamaludin.

Munas tersebut berhasil memilih seorang ketuabernama Ahmad Sayuti. Selain Munas, acara tersebut dirangkai dengan seminar nasional yang di sampaikan oleh Prof. Dr. H. Said Agil H. Al- Munawwar Lc. MA sebagai narasumber Orasi Tafsir Nusantara yang menyampaikan makalah beliau tentang ayat-ayat mulitultural pesan al-Qur’an dalam perdamaian dunia.

Hadir pula dalam seminar tersebut, Prof. Dr. Nasaruddin Umar  menyampaikan betapa pentingnya peranan mahasiswa tafsir hadis di Indonesia karena mahasiswa tafsir hadis akan cenderung membedakan antara al-Qur’an sebagai kalam dan al-Qur’an sebagai kitab suci dengan implementasi pemahaman yang mendalam tentang ayat-ayat al-Qur’an sesuai shohihun likulli zaman wa makan.

Selain simposium tafsir nusantara, kegiatan tersebut dilaksanan juga halaqoh kebangsaan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mahfud MD yang membicarakan good government dan Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin yang menyinggung tentang pandang negara khilafah.

Kedua narasumber tersebut membahas tentang ideologi negara yang baik. dan yang terakhir lokal karya tafsir nasional yang disampaikan oleh Dr. KH. Abdul Mustaqiem sebagai narasumber yang membahas kitab Faitul Rahman tentang pemikiran mbah Shaleh Darat dalam menafsirkan ayat al-Qur’an sesuai dengan makna lahir dan makna batinnya.

“Dengan mengikuti kegiatan ini, kami berharap untuk terjalinnya jaringan kepada teman-teman mahasiswa tafsir hadis di seluruh Indonesia dan yang terpenting adalah kita bisa membangun motivasi teman-teman mahasiswa tafsir hadis di kampus IIQ ini” kata Alimuddin selaku ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuludin IIQ An Nur Yogyakarta.

Delegasi dari IIQ An Nur Yogyakarta yang mewakili kordinator wilayah DIY Dan Jateng yaitu Muhamad Jamaludin menjadi ketua tetap presiduim III sidang pleno II pada Musayawarah Nasional ke-VI Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia yang diikut oleh 56 kampus seluruh Indonesia dengan jumlah total peserta sekitar 148 orang. (Muhammad Jamaludin)