KKN IIQ AN NUR ADAKAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

Minggu, 18 Februari 2018 puluhan warga sangat antusia mengikuti Seminar Kewirausahaan “pelatihan budidaya jamur” yang diadakan oleh mahasiswa KKN IIQ an Nur Posko IV Dusun Geden di Masjid Al Muttaqin Sidorejo Lendah Kulonprogo.

Diadakannya acara ini karena, budidaya jamur tiram memiliki prospek yang bagus dan mudah dilakukan, ditambah lagi lingkungan daerah Geden sangat mendukung untuk budidaya jamur tiram ini, sehingga juga semakin diminati pula oleh masyarakat.

Riki Viktor, selaku ketua panitia seminar kewirausaan menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengaplikasikan ilmu budidaya jamur kepada masyarakat. “Sebenarnya ilmu budidaya jamur sangat mudah untuk diaplikasikan pada masyarakat khususnya pemuda”, ujar Viktor

Hadir dalam acara tersebut Drs. K.H.Heri Kuswanto, M.SI, merupakan tokoh pesantren entrepreneur sekaligus rektor IIQ An Nur Yogyakarta, dan juga Dedey Rrwanda. KH Heri Kuswanto menjelaskan gambaran umum Kewirausahaan dan macam -macam dan prospek wirausaha. Kemudian Dedey Rrwanda menjelaskan bagaimana cara budidaya jamur tiram dari memilih bibit, pembuatan medium, perencanaan produksi hingga.

Kemudian dipandu oleh fasilator para peserta mempraktikan bagaimana pembuatan media tanam dan cara menanam benih jamur yang baik serta cara memanem jamur yang baik. Para peserta sangat antusias hal ini disampaiaj oleh salah seorang perserta Lisda pemuda setempat yang menyatakan “Saya sangat antusias menyambut acara seperti ini” ujar Lisda. Lalu dia menambahkan “Saya berharap acara seperti ini lebih sering di selenggarakan, karena melalui acara seperti ini kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. [Isna]